Rabu, 11 Agustus 2021

Mengenal Gejala Sakit Pinggang

Sakit pinggang
Sakit pinggang


Sakit pinggang merupakan kondisi dimana kesehatan yang umum ini hampir orang pernah merasakan atau mengalaminya. Biasanya sakit pinggang ini dimulai dari tulang rusuk atau disebut juga dengan pada daerah lumbar. Rasa sakitnya bisa dirasakan menjadi akan sangat kuat, sehingga akan mengganggu pada pengidapnya dalam menjalani aktivitas pada sehari-hari. Biasanya sakit pinggang ini lebih sering dirasakan oleh kaum wanita yang disebabkan oleh kelainan atau juga sebuah infeksi bakteri pada sistem reproduksi. Tetapi untungnya, sakit pinggang ini sering kali membaik dengan sendirinya, kunjungi lebih mengenal apa itu sakit pinggang penyebab umum terjadinya radang sendi. 

 

Faktor-faktor risiko sakit pinggang

Mengalami sakit pinggang kebanyakan di usia 30 tahunan. Bahkan risikonya adanya serangan-serangan tambahan meningkat dengan seiringnya pertambahan usia. Faktor peningkatan risiko mengalami sakit pinggang, yaitu :

1. Kelebihan pada berat badan

2. Sering mengangkat-angkat barang berat

3. Terlalu lama dalam duduk

 

Penyebab terjadinya sakit pinggang

1. Sakit pinggang dengan akut

Merupakan rasa sakit yang muncul secara tiba-tiba dalam beberapa penyebab, yaitu :

  • Penyakit pada radang panggul yang akut, disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang pada organ-organ reproduksi wanita. Maka segera berikan antibiotik untuk menangani infeksi-infeksi tersebut.
  • Usus buntu, merupakan kantong sebesar jari terhubung dengan namanya usus besar ini akan menghasilkan rasa sakit pada perut bawah dan berada disisi sebelah kanan.
  • Terjadinya suatu kram usus, kondisi ini dapat karena pola makan yang begitu kurang serat, gangguan pencernaan, dan juga penggunanaan obat.
  • Kista ovarium ini terjadi ketika kantong yang berisi cairan namun terbentuk pada bagian ovariumnya. Saat kantong tersebut retak, menutup darah menuju ovarium, bahkan juga membesar, maka rasa sakit pinggang bisa memerlukan prosedur yang namanya pengangkatan.

 

2. Sakit pinggang dengan kronis

Merupakan kondisi sakit pinggang yang terjadinya sudah selama lebih dari 6 bulan bahkan lebih yang terjadinya secara berkelanjutan atau terus-menerus. Biasanya ini akan terasa lebih sering nyerinya dari pada sakitnya menstruasi dan akan bertahan hingga lama dari pada sakit sebelumnya, yaitu :

  • Kelainan pada sistem reproduksi wanita saat jaringan-jaringan dari pada lapisan pada dalam dinding rahim tumbuh diluar pada rongga rahim yaitu endometriosis.
  • Radang pinggul ini kondisi yang disebabkan oleh infeksi suatu bakteri menyerang pada sistem organ-organ wanita, sehingga menanganinya dengan diberikan antiobiotik.
  • Kondisi yang pada umumnya sistem pencernaan menyebabkan suatu kram pada bagian perut, konstipasi, diare, dan juga kembung.

 

3. Sakit pinggang karena kehamilan

Sakit pinggang merupakan hal yang lumrah dialami oleh seorang ibu hamil, yaitu :

  • Berat badan yang bertambah membuat pada tulang belakang akan bekerja lebih keras karena menopang tubuh. Pada penambahan berat badan pun dapat menekan pembuluh-pembuluh darah dan juga saraf pinggl serta tulang belakang.
  • Terjadinya pelepasan-pelepasan hormon yang mengganggu ini pada jaringan disekitar-sekitar pinggang.
  • Adanya perubahan-perubahan postur tubuh yang akan mengakibatkan pada titik-titik pusat keseimbangan ibu hamil yang berubah-rubah.
  • Perubahan yang suasana hati menjadi menyebab otot-otot pinggang akan terasa tegang.


Gejala terjadinya sakit pinggang

Gejala sakit pinggang ini berbeda-beda saat orang-orang merasakan atau mengalaminya tetapi rasa yang muncul bisa menyebar ataupun juga berkumpul pada suatu titik yang sama. Bahkan tingkat keparahan pada sakit pinggang ini sangatlah bervariasi, dari ringan, sedang, dan juga berat. Meliputi terjadinya pada bokong, paha, dan juga punggung bawah. Rasa sakit yang terus-menerus hingga 3 bulan lebih itu sudah disebut dengan kronis.

Related Posts

Mengenal Gejala Sakit Pinggang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.