Rabu, 14 Juli 2021

Hal yang Harus Diperhatikan Orang tua saat Bayi Baru Lahir

 

Bayi baru lahir
Bayi Baru Lahir

Ketika melahirkan sang buah hati untuk pertama kali, tentunya banyak yang perlu diperhatikan dan dipelajari oleh orang tua. Karena bayi yang baru lahir membutuhkan perhatian yang ekstra di setiap apapun yang akan terjadi kepadanya. Setelah bayi lahir, dalam agama Islam sang ayah harus membacakan adzan dan iqomah terlebih dahulu, kemudian memberikan doa untuk bayi baru lahir. Hal tersebut dijelaskan pada hadits riwayat berikut. Dari Abu Musa radliallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Ketika anakku lahir, aku membawanya ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau memberi nama bayiku, Ibrahim dan men-tahnik dengan kurma lalu mendoakannya dengan keberkahan. Kemudian beliau kembalikan kepadaku. (HR. Bukhari 5467 dan Muslim 2145).

 

Berikut doa yang dapat dibacakan kepada sang bayi.

اللهم اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

 

Artinya : "Ya Allah, jadikanlah dia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah dia dalam Islam dengan pertumbuhan yang baik."

 

 

Setelah membacakan doa kepada sang bayi, orang tua lalu perlu memperhatikan hal-hal berikut saat merawat bayi yang baru lahir supaya para orang tua khususnya ibu tidak perlu merasa khawatir.

 

Ubun-ubun bayi lunak

Bayi yang baru lahir, pada bagian kepalanya akan terasa lunak dibagian tengkoraknya yang terdapat pada bagian ubun-ubun. Hal tersebut sangat wajar, karena ubun-ubun yang lunak membantu sang bayi bergerak keluar melewati rahim sang ibu. Anda tidak perlu takut untuk memegangnya, namun harus berhati-hati. Karena ubun-ubun yang lunak mungkin akan terasa berdenyut karena di bagian tersebut ada pembuluh darah yang menutupi otak. Tengkorak ubun-ubun akan mengeras seiring bertambahnya usia bayi.

 

Sering cegukan

Beberapa ahli menyatakan bahwa, bayi sering cegukan karena komunikasi antara otak dan diafragma bayi belum sempurna. Hal tersebut yang membuat bayi sering cegukan. Oleh karena itu, sebagai orang tua tidak perlu merasa khawatir karena cegukan pada bayi tidaklah berbahaya.

 

Bayi sering menangis

Terkadang bayi yang sering menangis selalu membuat orang tua panik. Tetapi, tenang saja karena saat bayi baru lahir dirinya hanya bisa berkomunikasi melalui tangisan. Saat mengompol, lapar atau sekedar ingin digendong sang bayi akan menangis untuk menarik perhatian anda.

 

Ruam di wajah atau jerawat bayi

Hormon ibu yang masih berada di tubuh bayi terkadang memicu ruam atau jerawat pada bayi. Biasanya akan terjadi pada usia dua minggu atau dua bulan. Hal tersebut tidak lah berbahaya, anda hanya perlu membersihkan wajahnya dengan lembut.

 

Darah keluar dari vagina bayi perempuan

Selama masa kehamilan, gelombang hormon estrogen dapat merangsang rahim janin perempuan. Pada minggu pertama setelah lahir, bayi perempuan akan mengalami haid kecil yang membuat rahimnya mengeluarkan sedikit darah.

 

Feses lunak setiap habis menyusui

Bayi yang mendapat ASI eksklusif cenderung akan buang air besar setiap kali selesai menyusui, karena ASI sangat cepat dicerna oleh tubuh bayi. Bila kotorannya terasa encer atau lunak hal tersebut normal, karena sang bayi hanya mengonsumsi cairan dan belum menerima makanan padat.

 

Sering bersin

Bayi baru lahir memiliki hidung yang sangat kecil, sedikit lendir akan membuatnya bersin. Karena bayi yang baru lahir mungkin hidungnya akan mengalami sedikit mampet, yang mana akan membuatnya bersin terus menerus. Anda tak perlu mengkhawatirkannya, kecuali bersin pada bayi yang dibarengi dengan keluarnya ingus yang kental dan berwarna kuning. Hal tersebut menandakan bahwa sang bayi terkena flu.

Related Posts

Hal yang Harus Diperhatikan Orang tua saat Bayi Baru Lahir
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.