Rabu, 14 Juli 2021

Berbagai cerita rakyat nusantara populer, simak !

Cerita rakyat nusantara
Cerita Rakyat Nusantara Lutung Kasarung
 

Di dalam kisah cerita rakyat kelingking sakti ini memang memiliki alur cerita yang sangat menarik, bagaimana tidak. Cerita ini menceritakan sepasang suami istri yang tinggal di Jambi dengan keadaan miskin dan belum memiliki anak. Diceritakan mereka telah berpuluh tahun menjalin hubungan suami istri, tetapi mereka tak juga dikaruniai buah hati, mereka telah melakukan segala upaya untuk hal itu namun hasilnya tetap belum ada.

 

Sang suami pun memutuskan utuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar memberinya anak, dan ia sendiri meminta anak laki-laki. Meski hanya sebesar jari kelingking, mereka ikhlas menerimanya asalkan mereka diberikan keturunan anak laki-laki. Selang beberapa bulan doa tersebut seolah dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, dan hebatnya doa tersebut dikabulkan sesuai keinginannya.

 

Anak mereka lahir dengan hanya sebesar jari kelingking saja, namun mereka tak menghiraukan keadaan anaknya dan tetap mengucap syukur dan bertekad untuk merawat anaknya dengan baik. Di suatu hari di desa Jambi, daerah tersebut digentayangi hantu yang gemar memakan manusia yaitu neneg Gergasi. Alhasil seluruh masyarakat di desa Jambi mengalami ketakutan, hal itu membuat earga tak ada yang berani untuk keluar rumah.

 

Dengan suasana desa yang begitu mencekam, akhirnya sang raja mengajak rakyatnya agar berpindah tempat yang lebih aman. Namun, Kelingking tak menyetujui hal tersebut, ia bertekad untuk tetap tinggal di desa untuk mengusir nenek Gergasi. Namun apa boleh biat, tak ada satupun masyarakat yang percaya padanya, tentu saja karena badannya yang kecil.

 

Hal itu lantas tak membuat si Kelingking putus asa, dengan tekad yang kuat serta keberanian dan kecerdasannya, alhasil ia berhasil membunuh nenek Gergasi dengan memasukannya ke dalam jurang. Karena kejadian tersebut, Raja dari Desa Jambi memberikan penghargaan kepada Kelingking dengan mengangkatnya sebagai Panglima Perang.

 

 

Cerita Rakyat Lutung Kasarung

Dikisahkan saat jaman dahulu, terdapat dua orang putrid yang berasal dari Kerajaan Pasundan. Mereka memiliki nama Praburarang dan Purbasari dengan memiliki wajah yang sama cantiknya, dan mereka memiliki kulit yang putih. Setelah sang Raja meninggal, salah satu putri yaitu Purbasari diminta untuk naik tahta menggantikan ayahnya. Hal itu tentu membuat Praburarang menjadi iri hati dan ia berniat untuk berbuat jahat Purbasari.

 

Praburarang memutuskan untuk pergi ke hutan dan menemui nenek sihir hal itu ia lakukan untuk mengutuk Purbasari. Alhasil tubuh Purbasari dipenuhi totol-totol hitam. Karena hal tersebut Praburarang mengusir Purbasari ke sebuah hutan dan ia berhasil merebut tahta.

 

Setelah cukup lama tinggal dihutan Purbasari memiliki seorang teman yaitu kera yang memiliki bulu hitam. Kera itulah yang memiliki nama Lutung Kasarung. Kera itu sangat sayang dengan Purbasari.

 

Lutung Kasarung memutuskan untuk bersemedi di tempat yang sunyi di malam bulan purnama, dan hal itu dilakukan untuk membantu Purbasari. Tak lama dari itu, muncul sebuah telaga kecil dengan air yang jernih, kemudian Lutung memerintahkan Purbasari untuk mandi disitu. Air telaga itulah yang mampu menyembuhkan kutukan sang penyihir dan membuat wajahnya cantik kembali. 

 

Mendengar kejadian tersebut, tentu Praburarang menjadi khawatir sebab adoknya bisa saja merebut tahta. Setelah itu ia menghampiri Purbasari dan mengajaknya untuk saling berebut tahta. Tentu saja Purbasari menang melawan Praburarang dan berhasil menaiki tahtanya kembali.

 

Nah itulah beberapa kisah kumpulan cerita rakyat nusantara terpopuler, semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Related Posts

Berbagai cerita rakyat nusantara populer, simak !
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.