Rabu, 09 Juni 2021

Kegunaan Memory SD Card

Memory SD Card
Memory SD Card


Memory SD Card ini sudah tidak asing lagi dengan yang namanya SD Card atau yang sering disebut dengan kartu memory. SD Card ini juga mempunyai ukurannya yang sangat kecil tetapi juga fungsinya yang begitu sangat besar. Namun untuk para pemula mungkin masih sedikit kurang paham dengan SD Card dan apa saja fungsinya. Untuk itu sedikit informasi mengenai harga memory card bisa diketahui dengan besar ukuran penyimpanan dan juga merk tentunya.

 

SD Card atau Memory

SD Card ini merupakan sebuah kartu memory yang ada pada alat yang dipakai untuk media penyimpanan data-data digital pada sebuah perangkat, contohnya saja pada gadget seperti kamera digital, PDA dan juga Handphone dll. Data digital tersebut dapat berupa sebuah gambar, video, dan juga audio. SD Card ini pun mempunyai banyak ukuran, mulai dari 128MB, 512MB, 1GB, 32GB, bahkan hingga 64 bahkan lebih. Itulah pengertian SD Card atau Memory yang bisa diketahui. Tidak hanya itu saja ternyata ada beberapa jenis SD Card, yaitu :

 

1. Memory Stick

Memory Stick ini merupakan salah satu jenis memory card yang dikeluarkan oleh perusahaan elektronik SONY. Ini di terapkan di berbagai alat elektronik lainnya seperti hanphone, camera, Dll.

 

Ada 2 macam memory stick yang bisa diketahui yaitu :

· Memory Stick Pro dan Memory Stick Duo

Ini adalah sebuah angkatan kedua dari memory stick yang juga mempunyai peningkatan pada kecepatan dan juga kapasitas penyimpanannya.

· Memory Stick Micro M2

Memory Stick Micro (M2) ini menyuguhkan penyimpanan data yang lumayan sangat besar bahkan hingga 8GB.

 

2. Multimedia Card atau MMC

Multimedia Card atau MMC adalah kartu memory yang standar. Kartu memory seperti ini dipakai pada slot SD Card dan bentuknya pun juga yang lumayan besar dibandingkan dengan memory stick.

RS-MMC (Reduced Size Multimedia Card) merupakan MMC angkatan selanjutnya. Memory yang mempunyai ukuran yang lebih kecil. Ternyata bisa dipakai pada slot SD Card ataupun slot MMC, caranya dengan memakai sebuah adapter.

 

3. Secure Digital Card (SD Card)

SD Card mempunyai bentuk yang seukurannya dengan MMC. SD Card memiliki kecepatan dalam mentransfer data. Pada SD Card ini terdapat sebuah switch yang berguna tentunya agar SD Card menjadi write protected. Memory seperti ini banyak dipakai pada kamera, komputer, dan juga handphone.

 

4. Mini SD

Ukuran mini SD  sekitar setengah dari SD Card. Cara menggunakannya yaitu dengan memasukkannya ke dalam SD Card ataupun MMC dengan memakai adapter.

 

5. Micro SD atau TransFlash

Mini SD ukuran dari Micro SD memiliki ukuran lumayan lebih kecil. Memory seperti ini sering dipakai untuk  handphone. Kapasitas penyimpanannya yang mencapai 16 GB.

 

6. XD Card

XD Card ini merupakan sebuah memory yang telah dikembangkan oleh Olympus dan juga Fuji yang dipakai untuk berbagai alat dan produk kamera yang akan dikeluarkan.

 

7. Compact Flash Card (CF Card)

Compact Flash Card atau yang biasa juga disebut dengan CF Card adalah sebuah kartu memory yang saat ini paling umum dipakai dalam sebuah kamera digital ataupun DSLR. Memory ini mempunyai chip controller sehingga kecepatan transfer datanya yang paling cepat. Tidak hanya itu bahkan memory jenis ini juga mampu menyimpan file data lain seperti text dan lain-lain.

 

CF Memory ini mempunyai 2 ukuran yaitu Compact Flash tipe I (tebalnya 5 mm) dan Compact Flash tipe II (tebalnya 3.3 mm). Penyimpanannya yang begitu lebih besar adalah Compact Flash tipe II.

 

8. Smart Media Card

Smart Card ini memiliki bentuk ukuran seperti Flash Card. Memory ini mampu dipakai untuk menyimpan berbagai macam-macam file multimedia.

Related Posts

Kegunaan Memory SD Card
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.