Jumat, 20 November 2020

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu rempah-rempah wajib untuk memasak di rumah-rumah masyarakat Indonesia. Pasalnya, tanaman beraroma ini bisa memberikan cita rasa serta wangi yang menggugah selera. Namunselain berguna untuk meningkatkan rasa sedap masakan, bawang putih juga ternyata memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan, lho ! Meskipun Anda sudah punya asuransi rawat jalan murah, tidak ada salahnya, kan, mengetahui beberapa khasiat dari rempah-rempah yang satu ini ? Siapa tahu, suatu saat nanti Anda membutuhkannya untuk pengobatan . Nah, simak lebih lanjut artikel ini untuk mengetahui manfaat bawang putih, ya.

 

1. Untuk kesehatan jantung

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi bawang putih adalah menjaga kesehatan jantung. Sebab, bawang putih memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol juga memberikan efek untuk mengencerkan darah. Sehingga, sirkulasi darah di jantung dan seluruh tubuh menjadi lebih lancar.


2. Untuk kesehatan saluran pencernaan

Tidak hanya untuk kesehatan jantung, bawang putih juga memiliki manfaat lain untuk saluran pencernaan. Bawang putih dipercaya memiliki kandungan zat allicin yang berfungsi sebagai antibiotik,  antijamur, serta antiparasit. Selain itu, bawang putih pun dapat berperan sebagai obat cacing  juga dapat melawan bakteri H.pylori di lambung.


3. Untuk mencegah kanker

Manfaat lain yang bisa didapat dari mengonsumsi bawang putih adalah kemampuannya atau manfaatnya untuk melawan kanker. Sebuah penelitian berhasil membuktikan bahwa bawang putih dapat menahan aktivasi sel kanker dalam tubuh manusia. Jadi, dapat disimpulkan jika bawang putih memiliki potensi sebagai agen antikanker. Penelitian lain pun sudah pernah membuktikan bahwa orang yang rajin mengonsumsi bawang putih memiliki risiko sangat kecil untuk terkena kanker usus besar.


4. Untuk menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol

Penderita hipertensi sangat disarankan untuk sering mengonsumsi bawang putih karena ekstraknya yang mampu untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, bawang putih juga dapat melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus. Meski begitu, bukan berarti para penderita kolesterol tidak perlu mengonsultasikan masalah kesehatannya lebih lanjut ke dokter, ya. 


5. Untuk mencegah pilek

Manfaat terakhir yang dimiliki bawang putih adalah dapat mencegah pilek. Hal ini disebabkan oleh kemampuan bawang putih untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Selain karena kandungan manfaatnya, aroma bawang putih yang kuat juga dapat digunakan sebagai obat antisinutis.

 

Nah, demikianlah lima manfaat yang dapat diberikan oleh bawang putih kepada kita. Semoga artikel ini bermanfaat !

Related Posts

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.