Selasa, 06 Oktober 2020

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Minyak zaitun dapat membantu menjaga kesehatan


Minyak zaitun biasanya tidak hanya sebagai minyak urut namun ada juga biasanya sebagai minyak memasak yang lebih sehat. Orang yang begitu menjaga kesehatan sangat familiar dengan banyaknya manfaat minyak zaitun yang digunakan dalam memasak ataupun sebagai tambahan dalam hidangan yang dikonsumsi. Kepopuleran minyak zaitun asli ini salah satunya sebagai perawatan kecantikan yang murah meriah, manfaat zaitun bagi wajah dan kulit tubuh menjadi lebih lembut karna pelembab yang alami.


Minyak zaitun ini merupakan lemak yang begitu diambil dari pohon zaitun berasal dari Mediterina. Berbedanya dari minyak biasanya, minyak ini banyak yang menganggap sebagai salah satu minyak sehat alternatifnya yaitu margarin, mentega ataupun minyak sayur. Minyak zaitun ini bisa dikatakan minyak serbaguna. Manfaat yang beragam, dari menjaga kesehatan sampai dengan memberikan nutrisi bagi kulit.


Beberapa minyak zaitun, yaitu extra virgin olive oilvirgin olive oil, dan minyak zaitun asli (pure olive oil) dan light olive.Oilive oil ini memiliki berbagai khasiat yang kaya manfaat baik bagi tubuh . Minyak zaitun digunakan sebagai sumber energi, antioksidan, lemak, mencegah alzeimer, dan juga lemak. Sekitar 30 persen lemak itu untuk konsumsi. Termasuk sumber lemak yang begitu aman serta sehat dipakai sebagai tambahan makanan yaitu seperti salad.

Secara biologis minyak zaitun kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis, mengurangi dan mencegah risiko kanker, menurunkan risiko penyakit jantung, dan melindungi kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu saja, menjaga kulit bahkan mengobati infeksi pada bakteri pada kulit, kulit sensitif, dan juga gatal-gatal.


Kegunaan Minyak Zaitun

1. Melindungi Jantung

Organ jantung ini sangat berperan penting yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Diet mediterina juga yang sering menambahkan minyak zaitun dihidangkan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Efeknya menurunkan tekanan darah, menjaga pembuluh darah, menurunkan peradangan, mencegah penggumpalan darah, dan juga menjaga kadar kolesterol.


2. Menanggulangi Penyakit Alzheimer

Khasiat yang begitu kuat yaitu menanggulangi penyakit alzheimer yang mana sangat mampu menghilangkan plak beta-amyloid dicurigai sebagai terjadinya pemicu penyakit Alzheimer. Namun ini baru ditemukan pada tikus, belum diteliti pada manusia.


3. Menurunkan Risiko Diabetes

Minyak zaitun dengan diet mediterania terbukti juga ampun dalam menjaga kesehatan dalam riset yang dapat membantu mencegah terjadinya diabetes.


4. Lemak Tidak Tersaturasi

Minyak zaitun dapat membentuk manfaat bagi kesehatan. Lemak tidak teraturasi dalam minyak zaitun yang dinamakan asam oleat yang mendominasi sebesar 73% dalam kandungan minyak zaitun. Ini sangat berkontribusi dalam banyaknya manfaat dalam hal mengurangi peradangan pada tubuh. 


5. Mencegah Stroke

Selain dapat menurunkan diabetes, manfaat minyak zaitun adalah mencegah stroke dengan riset menunjukkan konsumsi minyak zaitun yang berhubungan dengan risiko stroke. Namun juga bahwa minyak zaitun ini dalam mencegah stroke sangat masih diperlukan penelitian.


6. Menurunkan berat badan

Merupakan salah satu daftar makanan yang sehat untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan dan menurunkan juga berat badan. Dalam konsumsi minyak zaitun ini tidak memicu peningkatan dalam obesitas malahan berbagai manfaat minyak zaitun untuk menurunkan berat badan.


7. Kadar antiradang yang tinggi

Kandungan antiradang dengan kandungan oleochantal dalam minyak zaitun memiliki efek menyerupai obat ibuprofen. Bahkan antiradang juga ditemukan dapat meringankan radang pada sendi ataupun rheumatoid arthritis. 


8. Risiko depresi berkurang

Faktor yang meningkatkan kemungkinan mengalami depresi. Sebab, riset membuktikan manfaat minyak zaitun dalam menurunkan risiko depresi. Mengkonsumsi minyak zaitun memiliki risiko dalam mengalami depresi yang begitu rendah sebesar 48%.


Meskipun begitu berbagai macam manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, jangan mengkonsumsi secara berlebihan. Minyak zaitun akan tetap mengandung lemak dan juga konsumsi secara secukupnya.

Related Posts

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.