Jumat, 09 Oktober 2020

8 Kecerdasan Anak Perlu Diketahui Orang Tua

8 Kecerdasan
Kecerdasan anak sudah bisa diketahui sejak masih kecil


Anak memiliki kecerdasan masing-masing yang berbeda, menurut Thomas Amstrong ada 8 jenis-jenis kecerdasan anak dari teori Multiple Intelligences (Kecerdasan multipel). Menurutnya setiap anak bisa saja memiliki 8 kecerdasan. Hanya saja ada beberapa anak yang menonjol satu atau lebih dari kecerdasan tersebut. Orang tua harus mengenali jenis-jenis kecerdasan anak lalu membantu mengasahnya agar terus berkembang.


Kecerdasan anak sering kali yang dikenal itu berupa Intelligence Quotient (IQ), merupakan kecerdasan tunggal individu yang pada dasarnya bertautan dengan aspek kognitif, Emotional Quotient (EQ) ini merupakan kemampuan untuk mengontrol dan mengendalikan diri, menggunakan emosi, dan menyesuaikan diri pada lingkungan dalam kerjasama serta kemampuan untuk bersosialisasi, Spiritual Quotient (SQ) merupakan kecerdasan untuk mengetahui makna dan value yang ada, menempatkan suatu perilaku dan hidup pada beberapa makna yang lebih luas.


Berikut 8 kecerdasan anak yang perlu diketahui


1. World smart (Kecerdasan pada linguistik)

Kecerdasan ini berkaitan pada kemampuan anak dalam berbahasa baik dalam bentuk tulisan ataupun saat berbicara. Hal ini dapat dilihat apabila anak suka membaca, cepat bisa mengeja kata dengan begitu baik, suka berbicara, suka menulis, serta mendengarkan cerita.


2. Number smart (Kecerdasan matematis atau logika)

Pada jenis kecerdasan ini pada anak tertarik pada angka, menyukai matematika, hal yang berbau sains, dan berhubungan dengan logika. Kemampuannya dalam mengasah berikan alat hitung yang menarik, benda hitung, balok yang bertuliskan angka, serta puzzle.


3. Self smart (Kecerdasan pada intrapersonal)

Kecerdasan pada anak ini cenderung lebih suka dalam bermain sendiri. Anak sudah bisa mengatur sebuah emosi dengan begitu baik, biasanya juga anak memiliki ambisi dan juga sudah tahu jadi apa saat dia besar nanti. Memiliki percaya diri yang begitu tinggi dengan bisa mengkomunikasikan perasaan dengan baik.


4. People smart (Kecerdasan pada interpersonal)

Ini berbanding terbalik self smart, yaitu anak ini memiliki kecerdasan yang lebih suka bermain pada banyak orang. Dengan empati serta mampu memahami perasaan orang sekitar, dan juga cenderung menonjolkan sehingga suka memimpin dalam permainan.


5. Music smart (Kecerdasan pada musikal)

Salah satu tipe kecerdasan yang begitu mudah dilihat orang tua pada anaknya. Dimana anak suka bernyanyi, suka mendengarkan musik, menggoyangkan badan ataupun berjoget ketika mendengar suatu musik, mengingat lagu, main piano, dan suka bermain drum.


6. Pictue smart (Kecerdasan pada spasial)

Biasanya terlihat dari anak suka menggambar, coret kertas, suka berimajinasi, mewarnai, hingga suka bermain menggunakan suatu balok. Dengan memberikan buku gambar dan juga perlengkapan cat air dan juga kuas. Sehingga sering melakukan kegiatan menggambar dapat meningkatkan kecerdasan anak.


7. Body smart (Kecerdasan pada kinetik)

Kecerdasan anak pada body smart ini sangat begitu aktif, seperti sangat menyukai dengan olahraga, menyentuh berbagai benda, menari, ataupun membuat sesuatu pada tangannya.


8. Nature smart (Kecerdasan pada naturalis)

Pada kecerdasan ini anak lebih suka menggunakan kecerdasan naturalis sangat menyukai bermain dialam. Mendukungnya, anak suka dalam memelihara binatang peliharaan, sediakan kebih dan juga tanaman, akuarium, hingga juga teropong dalam melihat burung-burung.


Sekarang para orang tua bisa mengamati anak dan kenali juga potensi kecerdasan pada anak agar orang tua bisa mengasahnya dengan secara tepat. Selalu perhatikan segala kondisi kesehatan anak. Hingga sekarang ini tidak ada alat ukur yang bisa mengukur kecerdasan seseorang, kecuali dalam pengukuran IQ. IQ ini juga dapat melalui beberapa serangkaian yang sudah ada ditetapkan.

Related Posts

8 Kecerdasan Anak Perlu Diketahui Orang Tua
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.