Kamis, 08 Oktober 2020

7 Kiat Jitu Agar Si Kecil Doyan Makan Makanan Sehat

 

Susu formula
Si kecil dengan menu makanan sehat

Anak malas makan kerap menjadi permasalahan orang tua. Tentu saja hal ini membuat Anda pusing karena di masa pertumbuhan Anak membutuhkan nutrisi yang optimal. Disamping memberikan susu formula, asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari sangat penting. Kalau Anda kerap mengalami masalah ini, Anda bisa coba tips berikut agar si kecil tidak susah makan. 


Pastikan Anda Menjadi Role Model 

Anak adalah peniru terbaik. Mereka akan meniru apa yang mereka lihat di sekitarnya. Nah, bila Anda ingin melihat si kecil makan makanan yang sehat, Anda wajib menjadi teladan di rumah. Pastikan Anda memakan makanan yang sehat dengan si kecil seperti buah, sayur, dan makanan kaya akan serat lainnya. 


Buat Makanan Lebih Bervariasi 

Kalau Anda kerap melihat si kecil tidak suka jenis sayur atau daging tertentu, Anda sebaiknya mulai berpikir untuk menyajikan makanan dengan kemasan yang berbeda. Misalnya si kecil tidak suka bayam. Anda bisa mengemas bayam dengan cara lain. Mungkin dimasukkan jus sayur, pecel dan lainnya. Kalau memungkinkan, buat bahan makanan yang disukai si kecil tidak terlihat.


Pastikan Anda Masak Dengan Bahan-bahan Yang Sehat

Menginginkan si kecil makan makanan yang bergizi tentu harus dimulai dengan sajian yang Anda berikan. Pastikan Anda memasak dengan bahan yang sehat mulai dari sayur dan buah segar, ikan, ayam dsb yang sekiranya memenuhi kebutuhan si kecil. 


Mulai Libatkan Si Kecil 

Kalau anak Anda sudah cukup umur untuk melakukan pekerjaan ringan di dapur, kenapa Anda tidak coba ajak dia ? Hal ini akan memotivasi si kecil untuk makan makanan yang bergizi. Sebenarnya tidak harus dari dapur. Anda bisa mengajaknya memetik sayur dan buah langsung dari kebun kemudian semangati si kecil untuk makan-makanan bergizi tersebut. Saat melakukan hal ini, pastikan Anda tidak menjadi orang tua yang bossydan menggurui si kecil. Biarkan dia menumbuhkan ketertarikan. 


Berikan Mereka Pilihan 

Pastikan Anda tidak memaksa si kecil agar ia memiliki reaksi positif terhadap makanan. Anda bisa menawarkan pilihan pada si kecil. Misalnya menawarkan gado-gado yang segar dan penuh rasa atau capcay. Keduanya merupakan makanan yang sehat dengan perpaduan sayur yang beragam. cara ini dinilai lebih efektif dalam mengenalkan berbagai makanan pada si kecil.

 

Biarkan Mereka Sendiri Yang Menentukan Porsinya 

Membiarkan anak makan sesuai dengan porsinya akan melatih kemandiriannya. Hal ini juga bisa Anda gunakan untuk mengamati apa kesukaannya. Biasanya hal ini membutuhkan waktu beberapa kali, namun kebanyakan anak lebih memilih makanan yang sehat saat mereka diberikan kesempatan untuk menentukan apa yang mereka suka. 


Kombinasikan Makanan Dengan Yang Baru 

Anda juga bisa mengkombinasikan makanan baru dan makanan yang ia suka. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa keingintahuannya sehingga ia mau mencoba makanan yang Anda tawarkan. 

Makanan yang bergizi sejatinya mengandung protein, vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan anak. Memaksimalkan pertumbuhan si kecil bisa didampingi juga dengan susu formula sehingga si kecil tumbuh sehat dan cerdas. 


Lebih jauh lagi, yang terpenting adalah cara Anda mengajak si kecil makan makanan yang sehat. Di usia pertumbuhan, anak sejatinya hanya suka makan yang ia suka. Anda wajib melakukan pendekatan khusus agar ia mau mencoba hal baru tanpa harus merasa terpaksa. Dengan begini, hubungan si kecil dengan makanan akan sangat baik. 

Related Posts

7 Kiat Jitu Agar Si Kecil Doyan Makan Makanan Sehat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.