Jumat, 08 November 2019

Apa Itu Nebulizer dan Bagaimana Cara Pakainya yang Benar ?

Sebagian dari Anda mungkin lebih kenal dengan inhaler ketimbang nebulizer. Jadi, pertanyaan apa itu nebulizer pasti pernah terlintas di benak Anda. Sebenarnya, dua benda ini sama-sama berguna sebagai alat bantu pengobatan masalah pernapasan atau paru-paru. Perbedaannya hanya terdapat pada cara kerjanya. Lalu, bagaimana cara pakainya ?

Nebulizer anak

Penyakit yang Bisa Ditangani dengan Nebulizer
Seperti yang dikatakan sebelumnya, nebuziler adalah alat kesehatan yang mampu membantu mengatasi masalah pernapasan dan paru-paru. Ini adalah alat upa dari obat-obatan cair sehingga bisa dihirup dengan mudah dan nyaman. Alat bantu ini akan mengantarkan obat ciar ke dalam paru-paru. Ada beberapa jenis penyakit yang bisa ditangani dengan ini. Ini dia !

1. Asma
Tentu saja, asma adalah salah satu penyakit pernapasan yang bisa ditangani nebulizer. Dibandingkan inhaler, nebulizer bekerja lebih baik dan pada penderita anak-anak, akan lebih mudah untuk penyembuhan. Serangan asma yang sering muncul secara tiba-tiba bisa diatasi dengan mudah dengan nebulizer ini.

2. PPOK
PPOK atau Penyakit paru Obstruktif Kronis biasanya menyerang paru secara bertahap dan biasanya disebabkan oleh kebiasaan merokok. Penyakit yang ditandai dengan gejala gangguan pernapasan dan napas yang terhambat ini cukup berbahaya karena bisa membuat kantong udara di paru=paru rusak dan terjadi asma refrakter. 

Meski pasien penderita PPOK sebenarnya tak bisa disembuhkan, namun dengan bantuan alat bronkodilator yang dalam hal ini adalah nebulizer bisa membantu mengatasi keluhan yang akut atau mencegah PPOK tambah parah.

3. Bronchiolitis
Penyakit yang satu ini adalah peradangan dan pembengkakan pada saluran udara kecil akibat infeksi virus. Kondisi ini umumnya terjadi pada bayi dan berisiko makin parah saat ia besar. Dokter saat ini sangat menyarankan penggunaan nebulizer untuk atasi ini karena aman untuk bayi.

4. Bronkiektasis
Penyakit yang satu ini ditandai dengan saluran pernapasan yang luka dan meradang dan dipenuhi dengan lendir kental. Bila kamu bertanya apa itu nebulizer dan apakah bisa mengatasi penyakit ini, jawabnya ya ! Ia bisa membantu membersihkan lendir sehingga obat-obatan yang djperlukan bisa masuk ke dalam tubuh.

5. Sinusitis
Selanjutnya adalah sinusitis. Penyakit yang satu ini merupakan peradangan pada area hidung dan sinus dengan gejala hidung tersumbat atau nyeri di area hidung dan wajah. Nebulizer yang digunakan bisa mengatasi bakteri penyebabnya hingga 76 persen. Dengan begitu, ia akan sangat membantu pengendalian penyakit ini.

Cara Gunakan yang Benar
Meski nebulizer sangat membantu dalam penyembuhan penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan, namun agar hasilnya maksimal Anda harus tahu cara pemakaiannya yang benar. Urutan pemakaiannya adalah taruh kompresor di tempat yang rata dan mudah dicapai dan pastikan semua peralatan sudah bersih.

Cuci tangan sebelum menyiapkan obat dan masukkan obat ke cangkit obat dengan dosis yang sudah sesuai anjuran. Setelah itu, sambungkan corong ke mulut atau masker ke cangkir nebulizer dan pasang selang penyambung ke kompresor dan cangkirnya. Saat sudah siap, nyalakan mesin kompresor.

Jika alat berfungsi dengan normal, maka ia akan mengeluarkan kabut atau uap berisi obat. Jika sudah keluar, maka letakkan corong mulut atau masker ke mulut dan pastikan tidak ada sela. Anda bisa duduk dengan nyaman sekitar 15 hingga 20 menit untuk penggunaan. Selama penggunaan, pastikan Anda bernapas dengan normal hingga obat habis.

Nah, itulah cara penggunaan nebulizer yang tepat untuk mengatasi berbagai penyakit. Sekarang, Anda tak perlu lagi bertanya apa itu nebulizer dan bagaimana cara kerjanya. Sebab, benda ini sama manfaatnya dengan inhaler meski penyakit yang bisa diatasi jauh lebih banyak.

Related Posts

Apa Itu Nebulizer dan Bagaimana Cara Pakainya yang Benar ?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.