Kamis, 13 Desember 2018

Semangat KBA Syamsudinnoor Banjarmasin dalam Pembangunan

PT Astra Internasional kembali menggalakkan pembangunan di seluruh negeri. Kali ini, KBA Syamsudinnoor di Banjarbaru. Ada berbagai kegiatan yang dilakukan untuk kemajuan kampung ini. Misalnya saja, UKM, lingkungan dan masih banyak lagi. Seperti apa kegiatan yang dilakukan di kampung ini ?


Dalam Bidang Lingkungan
Dalam bidang lingkungan, Astra membantu KBA Syamsudinoor Banjarmasin dalam memajukannya. Salah satunya, menerapkan kegiatan berbasis lingkungan. Berbagai pembersihan lingkungan dilakukan, penanaman pohon di sepanjang alan kiri dan kanan kampung sehingga kampng jadi tertata lebih baik, pemasangan rambu-rambu dan lainnya.

Selain itu, untuk menjaga kebersihan lingkungan tersebut, ibu-ibu warga KBA Syamsudinnoor Banjarmasin mengadakan piket kebersihan sesuai jadwal yang ditentukan setiap hari. Dengan kekonsistenan dalam hal ini, pada akhirnya KBA ini mendapatkan banyak gelar juara di tingkat kota hingga nasional.


Misalnya saja, Juara I Go Green and Clean se kota Banjarbaru pada tahun 2015. Lalu, Juara I Best and The Best Go Green and Clean Kota Banjarbaru pada tahun 2017, juga Juara I Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat atau LBS yang diadakan tingkat provinsi se-Kalimantan Selatan pada tahun 2017 dan Juara II Lomba Bersih Sehat tingkat nasional 2018.

Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan, KBA Syamsudinnoor juga memberikan kemajuan. Salah satunya adalah program Posyandu Naik Kelas. Program ini dijalankan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan posyandu Cempaka Putih yang ada di kampung ini. Selain itu, diharapkan juga agar masyarakat bisa mendapatkan layanan yang lebih baik dari posyandu tersebut.

Bidang Industri
Dalam bidang industri, Astra juga membantu KBA Syamsudinnoor menjadi lebih baik. Salah satunya adalah dengan pilar binaan meningkatkan Usaha Kecil Menangah atau UKM di kampung tersebut. Saat ini, UKM yang ada di kampung Syamsudinnoor ini sudah berjalan dan digerakkan oleh ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di Komplek Wngga Abadi 1.

Beberapa UKM yang sedang berjalan tersebut adalah Keripik Pisang Nesgul, Kacang Jaruk Karya Serumpun, Cendol Keju Snack Labibas, Stick Ubi Ungu Mitra Snack, Putri Sembunyi My Love, dan Camilan Kita Alaba. Semua produk tersebut, melalui bantuan PT Astra Internasional telah mengantongi izin PIRT juga memiliki sertifikat halal.

Dengan adanya produk tersebut, diharapkan ke depannya UKM di Kampung Berseri Astra Syamsudinnoor Banjarmasin  bisa lebih dikembangkan lagi. Baik itu dari segi kualitas ataupun kuantitasnya. Hal ini tentunya juga bisa berimbas pada kemajuan ekonomi masyarakat yang tinggal di Kampung Berseri Astra Syamsudinnoor sehingga jadi sejahtera.

Bidang Pendidikan
Tak hanya sampai di situ saja, pada bidang pendidikan, PT Astra Internasional juga memberikan bantuan membuat masyarakat di kampung ini lebih maju. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh PT Astra Internasional di kampung ini. Salah satunya adalah memberikan penyuluhan tentang bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang.

Hal ini dilakukan pada semua penghuni kampung, bukan hanya anak muda saja. Selain itu, juga ada pemberian bantuan beasiswa bagi siswa-siswi warga Kampung Berseri Astra Syamsudinnoor yang duduk di bangku sekolah dasar, SLTP, hingga SLTA yang memenuhi kriteria beasiswa itu. Bantuan tersebut bisa didapat setiap awal semester setiap tahunnya.

Diharapkan, dengan adanya semua kegiatan ini, KBA Syamsudinnoor bisa terus maju dan memberikan pembangunan yang baik untuk para warganya. Hal ini sesuai dengan tujuan Astra untuk membangun kampung-kampung di Indonesia, saat ini sudah lebih dari 70 kampung yang sudah dibangun. Rencananya,a kan terus dilanjutkan hingga angka 300.

Related Posts

Semangat KBA Syamsudinnoor Banjarmasin dalam Pembangunan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.