Senin, 23 Oktober 2017

Orang Tua Harus Memperhatikan Perkembangan Bayi

Bayi

Hadirnya seorang anak dalam sebuah keluarga merupakan hal yang dinantikan karena itu merupakan hadiah terindah bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Kehadiran seorang anak akan menjadi pelengkap kebagiaan dalam rumah tangga. Oleh sebab itu setiap  pasangan yang telah dikaruniai seorang anak harus senantiasa menjaga dan merawatnya dari mulai bayi yang baru lahir samapi dewasa nanti. Tumbuh kembang anak akan sangat dipengaruhi oleh cara merawat yang dilakukan kedua orang tuanya. Apalagi  perkembangan bayi yang baru lahir sampai perkembangan bayi 4 bulan harus mendapat perhatian lebih dari semua orang tua baik dari suapan gizi dan nutrisinya serta dari cara memperlakukannya dengah penuh cinta dan kasih sayang agar kelak menjadi anak yang tumbuh dan berkembang secara optimal. Pemberian ASI sebaiknya dilakukan sampai usia 2 tahun, karena asi merupakan asupan makanan bagi bayi yang paling baik diantara makanan lainnya. Namun apabila ASI tidak bisa diproduksi oleh si ibu tentu harus ada alternatif lain agar bayi tetap mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Selain memperhatikan asupan makanan, orang tua terutama seorang ibu juga harus memperhatikan kebersihan bayi. Hal ini harus menjadi perhatian lebih agar bayi tidak mudah terserang penyakit yang bisa ditularkan melalui bakteri yang ada disekitarnya. Karena apabila tubuh si bayi tidak terjaga kebersihannya bakteri dan juga kuman akan cepat menempel di tubuh bayi. Menyangkut kebersihan bayi, tentu ada banyak komponen serta faktor yang harus diperhatikan seperti pakaian bayi, popok bayi, tempat tidur bayi, lingkungan bayi serta produk perlengkapan bayi yang bisa saja mengandung bahan yang membahayakan. Perkembangan bayi 4 bulan cukup signifikan karena akan banyak hal baru yang bisa dilihat oleh orang tua. Perkembangan motorik bayi sudah mulai terlihat dibandingkan sebelumnya.

Oleh sebab itulah setiap orang tua wajib memperhatikan setiap tahapan perkembangan dan pertumbuhan anaknya terutama ketika masih bayi, karena dalam tahapan tersebut kondisinya masih sangat rentang terkena berbagai gangguan. Namun jika orang tua bisa melewatinya dengan baik tentu akan berdampak positif bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Sebagai orang tua juga harus mengetahui ciri ciri kanker rahim yang bisa terjadi pada wanita.

Related Posts

Orang Tua Harus Memperhatikan Perkembangan Bayi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.