Senin, 02 Oktober 2017

5 Fakta Menakjubkan Kulit, Pakaian Terbaik bagi Manusia

Kulit

Jika ada yang bertanya pakaian seperti apa yang terbaik itu? Dari kain wol, satin, katun, atau kulit hewan ? No, tidak satupun dari yang disebutkan tadi memiliki keistimewaan seperti kulit manusia. Pada umumnya, pakaian memiliki sifat mudah luntur, robek (tidak tahan panas dan dingin), dan kaku.

Kulit manusia memiliki kemampuan untuk mendeteksi suhu udara (tahan panas dan dingin), tidak mudah robek (kalaupun luka, dapat langsung memperbaiki dirinya sendiri dan beregenerasi), dan elastis (dapat melebar seiring pertumbuhan manusia, juga menipis pada ibu pasca melahirkan). Sangat menakjubkan bukan? Selain keistimewaan tersebut, ada beberapa fakta unik lainnya tentang kulit, langsung saja intip ulasannya yuk.

1. Organ Terbesar dari Tubuh
Kulit menyumbang sekitar 15% dari berat badan kita dan memiliki kemampuan untuk memperbaiki dan mengemas diri. Air tidak dapat menembus dari luar meski banyak pori-pori kecil di permukaannya dan berfungsi membuang air melalui proses perspirasi dan respirasi.

Kulit memiliki kemampuan dalam memberi perlindungan pada tubuh dari mikroorganisme penyebab penyakit. Jika tubuh dianggap sebagai istana yang dikepung musuh, maka kulit adalah benteng terkuat.

2. Mengeluarkan Keringat
Normalnya kulit di tiap bagian tubuh mampu mengeluarkan 6 liter keringat per hari. Namun di beberapa bagian kulit, ada juga yang tidak berkeringat, seperti gendang telinga, tepi bibir, tempat kuku, dan organ intim pria. Keringat ini membantu kita menormalkan suhu tubuh dari dalam.

3. Mengandung Melanin
Warna kulit kita berasal dari protein yang disebut dengan melanin. Warna kulit tergantung pada jumlah melanin yang dihasilkan oleh tubuh. Melanin sendiri diproduksi oleh sel yang disebut dengan melanosit. Saat berada di tempat terbuka, melanosit melindungi kita dari luka bakar dengan cara memproduksi lebih banyak melanin. Oleh karena itu, kulit menjadi tampak lebih gelap.

4. Regenerasi Sel
Kulit terus-menerus melakukan regenerasi sel bahkan bisa berjumlah 40.000-50.000 sel per menit yang berjumlah hampir 4 kilogram per tahun. Salah satu penelitian terbaru menunjukkan bahwa minyak dalam sel kulit dapat mengurangi polusi udara dalam ruangan. Kemampuan regenerasi ini dipengaruhi pula oleh asupan gizi dari luar, jadi jaga dan atur pola makanmu ya.

5. Tempat Sidik Jari
Ujung jari manusia memiliki sidik yang berbeda-beda tiap individunya, meski kembar sekalipun sehingga sering dimanfaatkan dalam pemeriksaan polisi di TKP. Namun ada juga beberapa orang di dunia yang tidak memiliki sidik jari sama sekali. Hal ini disebabkan oleh salah stu atau kedua cacat genetik langka, yang dikenal sebagai sindrom Naegeli dan dermatopathia pigmentosa reticularis.

6. Elastisitas Fantastis
Setiap inci kulit manusia memiliki daya regang yang berbeda tergantung dimana lokasi kulit berada. Strukturnya luar biasa lentur sehingga kita bebas bergerak meski cukup tebal. Namun hal ini pula membuatnya tidak mudah terluka. Kulit mampu melindungi tubuh dari berbagai suhu, seperti panas, sejuk, dan sinar matahari yang merugikan. 

7. Beragam Lapisan
Tiap bagian kulit manusia memiliki ketebalan berbeda. Ada lapisan kulit yang paling tebal seperti di kaki (sekitar 1,4 mm) juga yang paling tipis, yaitu di kelopak mata (0,02 mm).

Maha Besar Allah yang menciptakan sistem pertahanan tubuh dan perlindungan yang begitu kompleks ini. Demikianlah beberapa informasi menarik dari berbagai sumber artikel unik tentang kulit yang jarang sekali orang tahu. Semoga informasi ini bermanfaat dalam menambah khazanah pengetahuan kita akan dunia kesehatan dan menunjukkan rasa syukur pada Allah dengan menjaga dan merawat kebersihannya.

Related Posts

5 Fakta Menakjubkan Kulit, Pakaian Terbaik bagi Manusia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.