Selasa, 03 Oktober 2017

4 Tips Mudah Mengamankan Akun Media Sosialmu

Sosial Media

Hubungan antara media sosial dengan berita gaya hidup sudah seperti kutub utara dan selatan pada magnet. Saling mempengaruhi. Mungkin sebelum media sosial booming di kalangan anak muda, belum banyak berita yang memuat. Sekarang miliaran pengguna media sosial telah tersebar di dunia. Sayangnya, keamanan akun kamu di media sosial itu rentan kena spam dan bajak. Bagaimana cara mengatasinya ?

1. Ketahui Siapa yang Kamu Ajak Bicara
Tidak boleh sembarangan lho saat berkomunikasi dengan orang asing. Misalnya di Facebook. Sebelumnya mending stalking dulu profil dan juga posting-annya. Kalau kamu sudah mantap dia bukan orang yang berbahaya, baru boleh berkomunikasi. Sering terjadi kasus kejahatan via media sosial gara-gara penggunanya kurang hati-hati.

2. Pikir Dulu Sebelum Kamu Posting atau Share Sesuatu
Penyakit sosial yang kerap merebak itu kalau sudah tertarik langsung bagi-bagi. Hampir sama motifnya dengan kebiasaan posting semua yang dirasakan asal-asalan. Padahal posting-anmu ditonton oleh ratusan, ribuan, hingga jutaan pengguna lain. Sebaiknya kamu posting hal-hal yang pantas dibaca atau dilihat orang lain, ya. Jangan sampai berurusan sama spammer.

3. Hindari Terlalu Banyak Mem-posting Informasi Pribadi
Curhat memang boleh. Asalkan bisa memotivasi atau menghibur orang lain. Tapi semua yang kita rasakan ada yang bisa berdampak baik maupun buruk. Nah, yang buruk-buruk itu lebih baik disimpan. Atau ditulis saja di buku diary kalau mau menumpahkannya. Soalnya sekarang sudah ada UU ITE yang selalu jadi mata ketiga untuk setiap aktivitas bermedia sosial.

4. Simpan Username Baik-Baik
Username bisa dibilang identitas yang harus dijaga baik-baik. Orang yang tahu banyak teknologi bisa dengan mudah memanfaatkannya untuk sesuatu yang tidak-tidak. Misalkan dengan memakai brute force, password akunmu bisa kena bajak. Apa itu brute force? Log-in dengan memakai username yang sama sampai sistem secara otomatis memberikan password.

Keamanan akun media sosialmu itu sangat penting. Kenapa ? Kalau seseorang berhasil membobol akunmu bagaimana ? Sementara di sana banyak data-data penting yang bisa jadi bersifat privasi. Atau tidak boleh orang lain ada yang lihat. Salah satu kejahatan yang paling banyak dilakukan itu saat seseorang mengambil foto tanpa izin. Kemudian dari foto itu diedit dan dibikin meme yang tidak bagus. Siapa yang rugi ?

Related Posts

4 Tips Mudah Mengamankan Akun Media Sosialmu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.