Jumat, 21 Juli 2017

Menu Makanan Sehat Bagi Anak

Makanan Sehat Bagi Anak

Makanan sehat perlu untuk pertumbuhan dan juga perkembangan anak. Tujuannya meningkatkan gizi dalam tubuh anak agar tumbuh dengan baik. Pada usia inilah anak umur 1 tahun merupakan usia yang begitu sangat vital dalam masa perkembangannya. Menu makanan merupakan susunan hidangan makan yang dalam keseluruhan secara harmonis begitu saling melengkapi untuk kebutuhan kita. Dalam dunia kesehatan sering kali kita dengar dengan memperhatikan keseimbangan unsur gizi yang terkandung pada makanan didalamnya. Karena ini meningkatkan keadekuatan kandungan makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam menekankan makanan yang diberikan dalam unsur-unsur gizi diperlukan dengan kebutuhan yang seimbang. Kebutuhan yang dibutuhkan dalam tubuh tentu untuk memberi energi, penyokong pertumbuhan, pengatur metabolisme dalam tubuh, dan keseimbangan sel dalam tubuh anak. Berikut makanan yang perlu diperhatikan bagi anak agar gizi yang didapatkan berguna dan yang sangat dibutuhkan, diantaranya :

  1. Yougurt
  2. Gandum
  3. Kacang almond
  4. Buah-buahan
  5. Ikan
  6. Sayuran hijau
  7. Susu pertumbuhan


Kandungan pada makanan tersebut tentunya banyak mengandung vitamin dan zat yang berguna bagi tubuh. Pemilihan pada makanan tentu membantu nafsu makan bagi anak. Perlu diketahui bahwa asupan yang sering diberikan pada anak yang disesuaikan, konsumsi serat pada anak ini juga perlu dilakukan secara bertahap dan menghindari konsumsi secara berlebihan. Makanan yang mengandung serat tentu baik bagi tubuh agar sistem pencernaan baik dan menghindari organ yang bermasalah pada pencernaan.

Sering kali kita dengar menyajikan makanan dengan 4 sehat 5 sempurna dimana makanan ini mencakup kandungan yang seimbang. Tapi, sekarang ini lebih dikatakan makanan yang mengandung seimbang yang tentunya. Berikut komposisi menu makanan 4 sehat 5 sempurna, diantaranya :

  1. Makanan pokok yang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat. Perlu untuk tubuh sebagai  energi dalam tubuh, contoh makanan yang mengandung karbohidrat yaitu gandum, nasi, kentang, jagung dan umbi-umbian.
  2. Lauk Pauk merupakan makanan yang mengandung protein, makanan ini sebagai pendamping yang mengandung sumber zat pembangan bagi tubuh. Meliputi ikan, telur, daging, tempe dan juga tahu.
  3. Sayur-sayuran merupakan banyak mengandung protein nabati, vitamin, dan juga serat. Meliputi tomat, terong, bayam, brokoli, dan juga sayuran hijau lainnya. Sayurang ini sangat membantu dalam pertumbuhan dan juga perkembangan bagi tubuh.
  4. Buah-buahan merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan juga mineral pada kandungan air serat yang tinggi, ini gunanya untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat bugar.
  5. Susu merupakan pelengkap pada makanan yang sering disebut sebagai penyempurna dalam makanan bagi tubuh.

Menu Sehat

Menu sehat untuk anak ini tidak sulit untuk dicari dalam sekitar kita. Maka perlu makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan anak. Menu dalam susu friso banyak mengandung gizi dan juga kebutuhan yang perlu bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Jadi, untuk para ibu tidak perlu khawatir susu friso ini sudah lengkap sesuai kebutuhan dalam tubuh anak.

Makanan seimbang sangat harus diperhatikan bagi anak. Dengan memperhatikan ini maka anak yang diharapkan status gizinya sesuai dibatas ambang sehat alias tidak kekurangan gizi dan juga kelebihan. Pada makanan seimbang memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan asupan makanan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Secara umum kebutuhan asupan gizi pada setiap orang dewasa atau pun anak-anak itu berbeda-beda, tergantung juga dari jenis kelamin, usianya, dan juga keaktifitas sehariannya. Makanan serat sangat perlu bagi tubuh, yang fungsinya sebagai berikut :

  1. Membantu menurunkan glukosa darah
  2. Membantu menurunkan lemak dalamd darah
  3. Melancarkan BAB
  4. Membuat perut terasa kenyang


Membuat anak makan lebih bergairah disaat banyak yang tidak disukainya maka cara ibu untuk anak mau makan dilakukan dengan kreasi menu makanan. Kreasi makanan ini dibuat dalam satu wadah makanan dibentuk dengan kreasi yang untuk seperti berbentuk emot ataupun apa saja hal yang membuat anak lebih menarik atau menyantapnya. Karena salah satu cara ini cukup ampuh agar anak mau makan dengan makanan sajian yang gizi seimbang. Semoga bermanfaat !

Related Posts

Menu Makanan Sehat Bagi Anak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.