Selasa, 25 Juli 2017

Fakta Unik Tentang Belanda Dari Desa Terapung Sampai Nasi Padang


Buat kamu yang berencana liburan ke Eropa, masukanlah Belanda ke dalam daftar negara yang akan kamu dikunjungi. Negeri Oranye ini memiliki banyak tempat wisata menarik dan sulit ditemukan di negara lain. Belum cukup sampai di situ, Belanda juga memiliki beberapa fakta menarik yang tak cuma bisa membuatmu ingin pergi ke sana, tapi mungkin bisa membuatmu betah untuk tinggal lama di sana. Nah berikut adalah beberapa fakta unik di Belanda yang bisa membuatmu terkagum-kagum.

Memiliki Desa Terapung
Ternyata desa terapung bukan cuma ada di Venesia, Itali saja. Belanda pun memiliki sebuah desa terapung yang tak kalah cantik bernama Giethoorn. Sama seperti Venesia, desa yang terletak di Steenwijkerland, Overijssel ini pun bisa dikelilingi dengan menggunakan moda transportasi wishper boat-kapal kecil yang sangat lembut suaranya. Perbedaan tempat ini dengan desa terapung di Venesia adalah pada daratannya yang dipenuhi tanaman. Daratan di Giethoorn menyerupai pulau-pulau yang terpisahkan kanal dengan banguna khas Belanda di tengahnya. Desa ini pun menjadi salah satu tempat yang paling ramah lingkungan di dunia. Kamu tak akan menemukan kendaraan bermotor berlalu lalang di sana. Cara untuk jalan-jalan di Giethoon hanya bisa dilakukan dengan menggunakan perahu, jalan kaki, dan bersepeda.

Desa terapung Giethoorn ini terbentuk akibat banjir besat St. Elizabeth yang terjadi tahun 1170. Banjir tersebut pun meninggalkan jejak berupa kanal-kanal kecil yang memisahkan daratan yang kini menjadi desa Giethoorn. Cerita tentang sejarah terbentuknya desa terapung ini diperkuat dengan fakta kalau sekitar 21% warga Belanda tinggal di daratan yang posisinya lebih rendah dari permukaan laut.

Surganya Pecinta Sepeda
Sangat wajar rasanya kalau Belanda disebut sebagai salah satu negara paling ramah lingkungan di dunia. Pemerintah Belanda sangat menekan keberadaan kendaraan berbahan bakar fosil dengan berbagai kebijakan ramah lingkungan seperti pengadaan mobil listrik murah dan jalur ramah sepeda. Kebijakan ini pun didukung oleh masyarakat Belanda yang gemar bersepeda. Maka tak heran kalau berdiri di pinggir jalan, kamu akan lebih sering melihat sepeda berlalu lalang dibanding kendaraan bermotor. Jadi kamu akan jarang sekali bertemu ibu-ibu berkendaran motor yang belok ke kiri dengan lampu sein yang menyala ke kanan.

Sangking banyaknya pengguna sepeda di Belanda, kamu bisa melihat sedikit kemacetan lalu lintas di kota besar akibat sepeda. Tapi tenang saja, karena sepeda tidak menghasilkan zat karbon, maka kemacetan ini tidak akan berpengaruh terhadap pemanasan global.

Jarang Ada Kriminalitas
Belanda termasuk negara paling aman di dunia, baik untuk masyarakat lokal maupun turis asing. Tingkat kriminalitas di Belanda sangat rendah hingga mencapai 163 dari 100 ribu orang. Makanya di negara ini jarang terjadi tindak kejahatan, apalagi kejahatan mencuri sendal jepit. Sangking sedikitnya jumlah kriminalitas di Belanda, pemerintah sampai harus menutup banyak penjara karena tidak memiliki penghuni. Di tahun 2009 saja, sudah sekita 19 penjara yang ditutup.

Tidak Sulit Mencari Makanan Indonesia
Sudah tahu kan kalau Belanda memiliki sejarah yang erat sama Indonesia. Selama 350 tahun, Belanda menempati tanah air kita ini. Bukan cuma itu, banyak orang-orang Belanda yang mengajak orang Indonesia untuk tinggal di sana pada saat itu. Salah satu jejak pendudukan Belanda di Indonesia yang ada di sana adalah cukup banyaknya masakan khas Indonesia, salah satunya Nasi Padang. Jadi kalau liburan di Belanda, kamu bisa tetap merasakan kenikmatan salah satu makanan paling enak di dunia meskipun jauh dari Indonesia.

Bisa Konsumsi Mariyuana
Di Belanda, mariyuna tidak akan membuat orang yang mengonsumsinya ditangkap polisi. Hal ini karena pemerintah Belanda melegalkan barang yang diharamkan ini. Tapi jangan kaget dulu, kebijakan ini ada batasnya kok. Meskipun legal, ganja tidak bisa dikonsumsi seenaknya. Ganja hanya bisa dinikmati di kafe-kafe berijin dengan porsi yang terbatas. Tapi tetap saja, mengonsumsi ganja sangat tidak disarankan bagi orang Indonesia untuk mengonsumsi ganja meskipun dilakukan di negara yang melegalkannya. Ganja itu adiktif loh. Bisa sangat berbahaya kalau kamu kecanduan.

Banyak Jejak Membanggakan Dari Orang Indonesia
Hubungan sejarah yang terjalin antara Belanda dan Indonesia tidak hanya bisa dibuktikan dengan banyaknya masakan Indonesia di sana. Di Belanda pun ada banyak jejak orang Indonesia dalam berbagai bentuk berbeda. Di antaranya ada makam Irawan Soejono, mahasiswa yang di anggap pahlawan di sana, puisi Chairuil Anwar di tembok jalan, sampai gudang literasi tentang Indonesia.

Fakta menarik lainnya, kamu bisa melakukan penerbangan langsung ke Belanda dengan maskapai Garuda Indonesia. Jadi kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk transit terlebih dahulu di Negara lain. So, beli tiket Garuda Indonesia dari sekarang. Menariknya lagi, kamu bisa cari tiket di Reservasi.com untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Menarik bukan ? Jadi ayo ke Belanda.

Related Posts

Fakta Unik Tentang Belanda Dari Desa Terapung Sampai Nasi Padang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.