Selasa, 21 Maret 2017

Bisnis Rumahan “Laundry” yang Menguntungkan

Di zaman yang modern dan super sibuk ini, kita sebagai para pekerja kantoran tentunya tidak mempunyai waktu untuk mencuci baju atau melakukan pekerjaan rumah lainnya. Nah, disini lah peluang bisnis muncul, kita dapat membuat usaha laundry kiloan Mengingat banyaknya orang yang ingin mengunakan jasa ini, sehingga ada kemungkinan di masa depan usaha ini akan berkembang dengan pesat. Nah, kali ini kita akan membahas cara membuat usaha laundry kiloan dan mempertahankannya agar bisa sukses dan bertahan lama.


Memulai Usaha Laundry Kiloan
Awalnya anda harus belajar mengenai berbagai jenis kain serta bagaimana mencucinya agar tidak rusak. Kenali juga jenis noda yang menempel pada pakaian, anda harus tau sabun apa yang cocok untuk menghilangkan noda tersebut agar baju menjadi bersih dan wangi. Gunakan peralatan yang sesuai dengan usaha yang dijalankan. Pemilihan peralatan dapat disesuaikan dengan budget yang anda miliki, jika anda ingin membuka usaha sekali kecil, anda bisa mulai dari 3 atau 4 mesin cuci dan pengering. Hitung juga beberapa tenaga kerja yang anda butuhkan dalam memulai jasa anda, jangan sampai jasa anda kekurangan tenaga kerja dan lama dalam mengerjakan pesanan.

Yang terpenting adalah modal, bukan hanya modal awal. Anda juga harus menyiapkan modal sesudah anda menjalankan bisnis. Modal ini digunakan untuk operasional dan berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Setiap menjalankan usaha pasti kita akan menemukan rintangan atau hadangan. Jangan menyerah dalam mehadapi itu semua. Rintangan bisa sewaktu-waktu datang dan menyerang usaha anda. Jika anda tidak memiliki modal simpanan, bisa saja usaha anda tidak akan berjalan dan bangkrut.


Dalam menjalankan bisnis laundry, anda harus memiliki strategi yang tepat dan kuat. Pilihlah lokasi yang tepat sesuai dengan sasaran anda. Untuk usaha laundry, pilihlah lokasi yang berdekatan dengan sekolah, kampus, apartement, kos-kosan atau tempat lainnya yang kira-kira orang malas dalam mencuci baju. Sebagai contohnya, jika anda membangun usaha laudry di dekat kos-kosan, pasti banyak orang yang tinggal di kos-kosan tersebut menggunakan jasa anda karena mereka tidak bisa mencuci bajunya sendiri di kosan mereka. Namun, jangan senang dulu jika anda sudah menemukan tempat yang pas. Banyak hal lain yang perlu anda pertimbangkan.

Hal lain tersebut adalah harga, jika anda baru membangun usaha laundry sekarang-sekarang ini, anda pasti akan disambut oleh para pemain lama usaha laundry. Nah, disinilah kuncinya. Buatlah promo yang menarik, bantinglah harga competitor. Memang untung yang anda akan dapatkan akan sedikit dibanding dengan yang lain. Namun, anda akan memiliki banyak pelanggan baru dan akan loyal kepada anda. Nah, setelah anda melakukan promo besar-besaran, lakukanlah pelayanan semaksimal mungkin. Keluarkan semua kebisaan anda dalam melayani. Pada awalnya memang harus berdara-darah dulu dalam membuat bisnis ini, namun jika sudah besar anda bisa menikmati hasilnya.

Nah, ini adalah tips terakhir yang paling krusial dan penting. Rekrutlah tenaga kerja yang memang benar-benar kompeten. Maksud dari kompeten adalah jujur, rajin, dan yang pasti mengerti cara mencuci yang baik dan benar. Karena tombak dari usaha anda ada di pekerjanya. Jika para pekerja tidak bisa memberikan hasil yang maksimal, tentunya akan menghambat bisnis anda untuk berkembang. Jangan terlalu lembek terhadap karyawan. Beri mereka motivasi dan semangat dengan cara menunjukan semangat kerja anda. Nah, itulah beberapa tips membangun usaha laudry, semoga artikel ini membantu anda, terimakasih.

Related Posts

Bisnis Rumahan “Laundry” yang Menguntungkan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.